Penyempurnaan Agama

Assalamualaikum wr. wb.

Jakarta, 6 Juli 2014 | 8 Ramadhan 1435H.

Pada kesempatan ini saya akan menguraikan kandungan Al Quran, Surat Al Maidah ayat 44-48 (Qs.5:44-48), yang pada intinya membahas mengenai hukum-hukum Allah dalam kitab-kitab terdahulu dan yang terakhir (Al Quran).

Qs.5:44

Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya ada petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang berserah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka, dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara (kandungan) kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. …

Qs.5:45

Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (Taurat) bahwasanya jiwa dibalas dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka pun ada qisasnya. Barang siapa yg melepaskan hak qisasnya, maka melepaskan haknya itu menjadi penebus dosa baginya. Barang siapa tidak memutuskan perkara menurut apa yg diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang yg zalim.

Qs.5:46

Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan kitab yg sebelumnya: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yg menerangi), dan membenarkan kitab yg sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yg bertakwa.

Qs.5:47

Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yg diturunkan Allah di dalamnya (sampai masa diturunkannya Al Quran). …

Qs.5:48

Dan Kami telah turunkan kepadamu (Muhammad) Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yg sebelumnya, yaitu kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan batu ujian (Al Quran sebagai ukuran untuk menentukan benar tidaknya ayat pada kitab-kitab sebelumnya/penyempurna kitab sebelumnya)… Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat saja, tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. …

Dari uraian ayat-ayat tersebut di atas dapat disimpulkan:

1. Allah menurunkan kitab-kitab sebagai petunjuk untuk menerangi umatnya sejak dahulu, untuk memutuskan perkara-perkara diantara mereka.

2. Al Quran membenarkan kitab-kitab yg terdahulu dan sebagai penyempurna atasnya. Dan oleh karenanya putuskanlah perkara menurut apa yg Allah turunkan.

3. Allah hendak menguji kita, dengan beragam umat, niscaya jika Allah menghendaki dapat menjadikannya satu umat saja, namun Allah menghendaki demikian agar kita berlomba-lomba untuk berbuat kebajikan.

Wassalamualaikun wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s