Ilustrasi Akhirat, Surga atau Neraka

Assalamualaikum Wr. Wb..

Artikel berikutnya yang hendak saya tuliskan ialah yang tertera dalam Al Qur’an Qs. Al Waaqi’ah yang menjelaskan dan memberikan ilustrasi atau gambaran kehidupan di akhirat serta kejadian-kejadian pada hari kiamat. Qs. Al Waaqi’ah pada pokoknya menjelaskan manusia di waktu berhisab terbagi atas tiga golongan, pertama yaitu golongan yang bersegera menjalankan kebaikan (yang paling dahulu beriman), yang kedua yaitu golongan kanan, dan yang ketiga yaitu golongan kiri (golongan yang celaka). Dan apabila kita disuruh memilih tentunya dengan akal sehat kita pasti akan memilih golongan yang tersebut pertama atau yang kedua. Namun sayangnya hal tersebut bukanlah suatu pilihan terbuka, melainkan pilihan yang berdasarkan suatu ketentuan (pilihan bersyarat). Bila kita di dunia memilih beramal soleh dan berbuat baik maka bisa jadi kita termasuk golongan pertama/kedua, dan bila kita hidup di dunia dengan tanpa usaha untuk berbuat kebajikan dan beramal soleh, bahkan tidak mengimani Allah atau menyekutukan Allah, maka golongan yang ketigalah yang akan kita masuk di dalamnya (nauzubillah).

Kesan setiap kali membaca Al Qur’an yang menggambarkan kehidupan akhirat, selalu membuat saya terpesona menghayalkan dan mengidamkan kehidupan surga. Karena di Al Qur’an begitu seragam mendeskripsikan suasana di surga yang begitu indah. Sebaliknya, begitu mengerikannya kehidupan neraka.

Bagi golongan orang-orang yang paling dahulu beriman dan bagi mereka golongan kanan, balasannya di akhirat ialah surga kenikmatan. Pada surat ini di surga di deskripsikan bahwa bagi mereka (yang masuk surga) di dalamnya masing-masing berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata, mereka dikelilingi oleh anak muda yang tetap muda, dengan membawa gelas, cerek dan sloki berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. Dan di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik, penuh cinta lagi sebaya umurnya. Mereka berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya, dengan naungan yang terbentang luas dan air yang tercurah, buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti buahnya dan tidak terlarang mengambilnya. Ini adalah balasan dari Allah, dan merupakan janji yang nyata, yang difirmankan dalam Al Qur’an. Maka saya meyakininya dengan sungguh-sungguh.

Sedangkan bagi golongan yang celaka atau golongan kiri, maka azab neraka lah yang di dapat. Sesungguhnya amat seram dan mengerikan memaparkan azab neraka sebagaimana yang tertera di dalam Al Qur’an, namun sebagai peringatan agar kita senantiasa waspada dan mawas diri, berikut ini saya paparkan bagaimana azab yang dimaksud. Di dalam neraka, siksaan angin yang amat panas dengan air yang panas mendidih, dan dalam naungan asap yang hitam. Tidak sejuk dan tidak menyenangkan. Bagi meraka dulu (hidup di dunia) bermewah-mewah dan mereka terus-menerus mengerjakan dosa yang besar.¬†Mereka meragukan kehidupan di akhirat dan hari berbangkit. Mereka penghuni neraka akan memakan pohon zaqum, dan akan memenuhi perut dengannya. Sesudah itu akan meminum air yang sangat panas, dan di bakar di dalam neraka.

Allah telah bersumpah atas keterangan yang benar mengenai kehidupan akhirat sebagaimana yang tertuang dalam kitab-kitab-Nya. Dalam akhir Qs. Al Waaqi’ah ayat 75-96 dijelaskan tentang sumpah Allah tersebut, yang pada intinya sebagai berikut:

“Allah bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui, sesungguhnya Al Qur’an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauh Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan semesta alam. Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al Qur’an ini? Adapun jika dia (orang yang meninggal) termasuk orang yang didekatkan (kepada Allah), maka dia memperoleh ketenteraman dan rizki serta surga kenikmatan. Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan, maka keselamatan bagimu karena kamu dari golongan kanan. Dan adapun jika dia termasuk golongan orang yang mendustakan lagi sesat, maka dia mendapat hidangan air yang mendidih, dan di bakar di dalam neraka. Sesungguhnya yang disebutkan ini adalah sesuatu keyakinan yang benar.”

Demikian keterangan yang benar difirmankan oleh Allah dalam kitab-Nya perihal kehidupan di akhirat atas balasan perbuatan kita selama hidup di dunia. Semoga kita terjaga, terhindar dari perbuatan dosa, dan senantiasa berada di jalan yang lurus, agar di akhirat kelak kita dimasukkan ke dalam surga. Amin ya rabbal alamin..

Wassalam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s